Friday, June 24, 2016

KE DOKTER

عِنْدَ الطَّبِيْبِ
KE DOKTER
: الضَّغْطُ مُرَتَفِعٌ، وَالسُّكَّرِيُّ أَيْضًا. مَاذَا حَدَثَ؟
الطبيب
Tekanan darah tinggi dan gula juga. Apa yang telah terjadi?
Dokter
: تَنَاوَلْتُ دَوَاءَ الضَّغْطِ، وَدَوَاءَ السُّكَّرِيِّ. المريض
Saya telah minum obat tekanan darah dan obat gula.
Pasien
: أَعْتَقِدُ أَنَّكَ لَمْ تَتَّبِعِ الْحَمِّيَةَ. الطبيب
Saya yakin anda tidak mengikuti aturan diet (pantangan)
 
: هَذَا صَحِيْحٌ، فَقَدْ تَنَاوَلْتُ كَثِيْرًا مِنَ السُّكَّرِيَّاتِ وَالدُّهُوْنِ وَالنَّشَوِيَّاتِ. المريض
Betul, saya telah mengkonsumsi banyak (makanan/minuman) yang mengandung gula dan kolesterol
 
: وَأَعْتَقِدُ أَنَّكَ لَمْ تُمَارِسِ الرِّيَاضَةَ أَيْضًا. الطبيب
Dan saya rasa anda juga tidak melakukan olahraga
 
: حَاوَلْتُ ذَلِكَ، وَلَكِنْ لَمْ أَسْتَطِعْ، فَأَنَا مَشْغُوْلٌ دَائِمًا. المريض
Saya telah berusaha untuk itu, akan tetapi saya tidak sanggup. Karena saya selalu sibuk.
 
: حَالَتُكَ خَطِيْرَةٌ. لاَبُدَّ مِنَ الْحَمِّيَةِ، وَلاَبُدَّ مِنَ الرِّيَاضَةِ. الدَّوَاءُ وَحْدَهُ لاَ يَكْفِيْ. الطبيب
Kondisimu mengkuatirkan. (Anda) harus mengikuti diet dan harus melakukan olahraga. Obat saja tidak cukup.
 
: مَاذَا أَفْعَلُ يَا دُكْتُوْر ؟ المريض
Apa yang harus saya lakukan, wahai dokter?
 
: اِتَّبِعِ الْحَمِّيَةَ، وَمَارِسِ الرِّيَاضَةَ، وَتَنَاوَلِ الدَّوَاءَ، وَقَابِلْنِيْ بَعْدَ شَهْرٍ. الطبيب
Ikutilah diet makanan, rajinlah berolahraga dan minum obat. Lalu datanglah kepadaku setelah sebulan.
 
( بَعْدَ شَهْرٍ يُقَابِلُ الْمَرِيْضُ الطَّبِيْبَ)  
Setelah sebulan pasien menghadap dokter
 
: الضَّغْطُ عَادِيّ، وَكَذَلِكَ السُّكَّرِيُّ. مَاشَاءَ اللهُ ! مَاذَا فَعَلْتَ ؟ الطبيب
Tekanan darahmu sudah normal, demikian pula kadar gula. Masya Allah. Apa yang anda lakukan?
 
: اِتَّبَعْتُ الْحَمِّيَةَ، وَمَارَسْتُ الرِّيَاضَةَ، وَتَنَاوَلْتُ الدَّوَاءَ. المريض
Saya mengikuti diet makanan dan rajin berolahraga serta minum obat
 
: أَحْسَنْتَ. قَابِلْنِيْ بَعْدَ سِتَّةِ أَشْهُرٍ. الطبيب
Bagus. Datanglah kepadaku setelah enam bulan.
 
: إِنْ شَاءَ اللهُ، وَجَزَاكَ اللهُ خَيْرًا المريض
Insya Allah. Semoga Allah membalas kebaikanmu.
 

No comments:

Post a Comment